5 Penyebab Kamera HP Buram dan Cara Memperbaikinya

SamsuRijal.com - Penyebab kamera hp buram dan tips cara memperbaikinya sehingga foto yang dihasilkan dapat jernih dapat Anda baca di artikel ini. Memiliki smartphone dengan kamera bermasalah "kamera buram" dapat membuat hasil jepretan Anda sangat buruk, apalagi jika Anda pecinta selfie, suka traveling atau sering melakukan VC (video chatting/call).

Tulis komentar nomor berapa yang membuat HP Anda buram yah,,,




Berikut 5 Penyebab Kamera HP Buram dan Cara Memperbaikinya

#1 Casing Pelindung Menghalangi Kamera.


Pemilihan casing pelindung yang memiliki lubang kamera kecil dapat mempengaruhi hasil jepretan kamera hp Anda menjadi buram pada pinggiran foto/video.

Cara memperbaiki casing pelindung menghalangi kamera dapat anda lakukan dengan memperbesar lubang kamera pada casing menggunakan pisau cutter yang tajam.

#2 Penutup Lensa Kamera Tergores.

Kasus ini merupakan penyebab kamera hp buram yang paling sering terjadi. Kebanyakan orang kurang berhati-hati meletakkan ponsel dan akhirnya tergores saat meletakkannya di permukaan kasar. Permukaan kasar dapat menimbulkan goresan pada tutup lensa kamera ponsel anda dan mengakibatkan hasil jepretan jadi buram.

Cara menghindari agar penutup lensa kamera tidak tergores Anda dapat menggunakan casing pelindung, pilih casing pelindung yang lebih tebal dari penutup lensa kamera agar tidak menyentuh permukaan tempat Anda meletakkan hp Anda.

Namun, jika tutup lensa kamera hp sudah tergores dapat diperbaiki dengan mengoleskan pasta gigi di depan penutup lensa, kemudian gosok secara perlahan. Cara ini dapat menghilangkan goresan yang berukuran halus pada permukaan luar lensa.

Gunakan menggunakan pasta gigi putih, bukan pasta gigi jenis gel untuk mendapatkan hasilnya. Apabila masih buram setelah digosok menggunakan pasta gigi, anda perlu mengganti penutup lensa kamera. Anda dapat meminta pihak penyedia sparepart penutup lensa kamera untuk membantu memasangkan. Jika Anda akan memasang sendiri, anda harus mencongkel tutup lensa kamera menggunakan silet dengan hati-hati. Setelah penutup lensa kamera terlepas, Anda dapat menggantinya dengan tutup yang baru.

#3 Kotoran pada Lensa dan Penutup Lensa bagian dalam

Penyebab kamera hp buram lainnya adalah adanya debu dan kotoran yang menempel di bagian dalam lensa dan penutup lensa bagian dalam. Kasusnya hampir sama dengan penyebab sebelumnya yaitu karena ponsel diletakkan sembarangan, debu masuk dan menempel pada lensa sehingga menyebabkan kotoran menumpuk pada lensa  dan penutup lensa. hasil jepretan menjadi tidak maksimal dan buram.

Cara membersihkan kotoran pada lensa hp dengan membuka casing sehingga terlihat lensa dalam. Kemudian gunakan minyak kayu putih untuk membersihkannya dengan menuangkan sedikit minyak kayu putih pada tisu lalu digosokkan pada permukaan lensa, begitu juga pada permukaan penutup lensa bagian dalam.

#4 Lensa Kamera Berembun

Penyebab lensa kamera hp berembun disebabkan meletakkan hp di tempat dengan kondisi yang terlalu lembap, seperti pada saku pakaian yang belum terlalu kering, tas yang lembab karena hujan, dekat dengan minuman dingin. Lebih parah lagi lensa ditumbuhi jamur jika dibiarkan.

Untuk mengatasi lensa yang berembun, segera matikan smartphone dan lepas baterainya. Kemudian anda dapat mengeringkan ponsel dengan hair dryer pada kisi-kisi atau lubang di sisi kanan kiri ponsel agar suhunya stabil dan tidak berembun lagi.

Anda juga dapat melepas tutup lensa anda dan mengelap lensa dengan minyak kayu putih jika lensa sudah ditumbuhi jamur. Lebih baik anda menjaga ponsel anda dengan memberi casing yang cukup aman dan menutupi.

#5 Autofocus Bermasalah

Saat ini umumnya hp (smartphone) telah dilengkapi autofocus, autofocus bekerja menggunakan software. Jika keempat penyebab lensa hp buram di atas sudah di atasi kamera hp masih buram, silahkan cek autofokus, apakah berfungsi atau tidak.

Cara memperbaiki autofokus hp yang tidak berfungsi (bermasalah) adalah dengan langkah-langkah berikut: menutup aplikasi kamera dan membukanya kembali, melakukan hard restart, melakukan hard reset, update ke firmware/os terbaru atau konsultasikan ke tempat servis agar diberi penanganan yang tepat atau mengganti beberapa part.

Anda juga perlu memperhatikan saat meletakkan ponsel anda agar tidak berakibat buruk pada ponsel Anda. Berbagai penyebab kamera ponsel buram yang disebutkan diatas adalah yang paling banyak dan umumnya terjadi. Tentu kadang kala ada berbagai penyebab yang berbeda yang harus anda bawa dan konsultasikan ke tempat servis agar diberi penanganan dan cara perbaiki yang tepat atau mengganti beberapa part.

Demikianlan artikel 5 Penyebab Kamera HP Buram dan Cara Memperbaikinya dari saya, semoga dapat membantu. Silahkan share jika berkenan :) Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "5 Penyebab Kamera HP Buram dan Cara Memperbaikinya"

Posting Komentar

Apa komentar Anda?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel